Tips Simpel Menjadi Seorang Technopreneur

TechnopreneurTechnopreneur itu sendiri memiliki arti yaitu penggabungan dari entrepreneur (wirausaha) dengan pemanfaatan teknologi

berikut ada beberapa tips untuk menjadi seorang technopreneur :

1. Melakukan survey kebutuhan pasar yang sedang menjadi persoalan di masyarakat, setelah itu diteliti dan dikaji ulang bagaimana caranya menyelesaikan persoalan tersebut tentunya dengan teknologi, lalu hasil dari penelitian tersebut diwujudkan dalam sebuah produk atau jasa yang dapat memecahkan persoalan masyarakat itu tadi, jika produk/jasa tidak dapat menyelesaikan persoalan maka tidak akan ada masayarakat tertarik untuk menggunakannya.

2. Produk harus dirancang memiliki perbedaan dari produk atau jasa lainnya yang sudah ada lebih dulu, diberikan inovasi dan keunikan tersendiri.

3. Menentukan Target market sehingga akan lebih mudah membuat harga, sehingga tidak akan terjadi kesalahan harga yang akan berpengaruh kepada marketing.

4. Jika produk atau jasa sudah jadi maka harus dilakukan tes pasar terlebih dahulu, itu berguna untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan pasar dengan produk/jasa terbaru kita.

5. Selalu membuat pembaruan/inovasi terhadap produk agar menjadi produk unggulan dari masa ke masa dan mempunyaiciri khas tersendiri.

6. Seorang technopreneur harus mampu mengkombinasikan antara jiwa pengusaha dengan perkembangan teknologi.

7. Terakhir, yang harus dipikirkan juga untuk mendaftarkanproduk ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual agar mendapatkan hak paten. Untuk mengntisipasi adanya peniruan dan agar produk dapat terlindungi.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *