Tips Memulai Bisnis Sambil Kuliah

Memulai-Usaha-Sambil-Kuliah1

Siapa bilang memulai usaha sambil kuliah itu merepotkan? Sampai hari ini masih banyak orang yang berpikiran bahwa merintis sebuah usaha di bangku perkuliahan hanya akan mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa. Pola pikir seperti ini tentunya kurang tepat, sehingga tidak ada salahnya bila dari sekarang kita mulai memperbaiki mindset para mahasiswa.

Selama ini para mahasiswa lebih bangga menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) ataupun tenaga kerja profesional di perusahaan-perusahaan besar, dibandingkan memilih terjun di dunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Paradigma ini tentunya sangat memprihatinkan. Tidaklah heran bila sampai hari ini angka pengangguran sarjana di Indonesia jumlahnya terus bertambah.

Karenanya, untuk memancing tumbuhnya motivasi bisnis di benak para mahasiswa. Berikut ini kami informasikan beberapa langkah sukses memulai usaha sambil kuliah yang bisa dicoba para pemula yang berstatus sebagai mahasiswa.

Pertama, membangun mental entrepreneur. Langkah pertama yang perlu dijalankan para mahasiswa yaitu membangun mental entrepreneur dalam diri mereka. Meskipun sekarang ini mereka masih berstatus sebagai mahasiswa, namun jangan pernah minder dan takut untuk terjun di dunia usaha. Sebab, pada dasarnya semua bidang bisa Anda pelajari dari nol, termasuk juga ketika ingin belajar berwirausaha sejak duduk di bangku perkuliahan. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill Anda melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang ada di kampus Anda, mengikuti club maupun forum kewirausahaan di tempat kuliah Anda, mengikuti berbagai macam seminar maupun pelatihan bisnis yang ada di Indonesia, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda.

Kedua, tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal. Ketika mental Anda mulai terbangun, langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal Anda. Yang dimaksudkan dengan modal disini tentunya tidak hanya berupa materi saja, namun juga meliputi modal skill, modal passion (hobi), waktu luang, dan lain sebagainya. Contohnya saja seperti menjadi reseller produk, menjadi penulis artikel, membuat beragam jenis aksesoris (seperti kerajinan flanel, kain perca, manik-manik, kerajinan sulam, dll), memproduksi coklat, camilan, atau aneka macam makanan ringan, bisnis pulsa berjalan, menyediakan jasa penerjemah, jasa les privat, jasa servis komputer maupun handphone, jasa rental komputer, jasa pembuatan website, serta masih banyak lagi peluang bisnis mahasiswa lainnya yang memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.entrepreneur

Ketiga, bagi waktu Anda sebaik-baiknya. Sebagai mahasiswa, tentunya sebagian besar waktu Anda akan tersita di bangku perkuliahan dan sibuk mengerjakan tugas-tugas kampus yang setiap harinya menumpuk di meja belajar Anda. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bila Andapun bisa merintis usaha kecil-kecilan di sela-sela jadwal kuliah Anda setiap hari. Yang terpenting, bijaklah dalam membagi waktu. Pisahkan waktu belajar Anda dengan waktu luang untuk merintis usaha. Misalnya saja ketika hari-hari kerja, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah Anda. Sedangkan waktu malam hari atau ketika hari libur tiba, optimalkan tenaga dan pikiran Anda untuk menciptakan ide kreatif baru guna mengembangkan bisnis sampingan yang Anda rintis. Ketika waktu Anda bisa terbagi secara seimbang, maka kuliah dan bisnis Anda pun bisa berjalan beriringan.

Keempat, aktif berpromosi di lingkungan sekitar. Untuk mendukung perkembangan bisnis yang dijalankan, setidaknya Anda bisa mulai berpromosi di lingkungan sekitar Anda. Contohnya saja dengan menginformasikan produk atau jasa Anda kepada teman-teman kuliah, teman kost, keluarga, saudara, dosen-dosen Anda, atau mempromosikan bisnis tersebut melalui situs pertemanan online (sebut saja seperti facebook, twitter, blog, google plus, dan lain sebagainya).

Kelima, action dari sekarang. Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang Anda miliki, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda-nunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yang kami sampaikan pada pekan ini bisa memberikan tambahan semangat bagi para pembaca, dan menginspirasi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk segera mulai berkarya menciptakan peluang kerja sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber