Blame, Excuse, Justify

B E J kebanyakan orang mengartikan sebagai singkatan dari Bursa Efek Jakarta, pusat jual beli saham dan Forex Trading. Tapi dari sudut psikologis B E J adalah singkatan dari Blame, Excuse, Justify yaitu kumpulan karakter buruk pada diri sesorang yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua, sodara, bahkan anak keturunan. Lho?.. Ini gak mbual, coba deh kita bahas satu-satu.

Blame artinya kebiasaan buruk yang selalu menyalahkan lingkungan, orang di sekitar, negara bahkan presidennya sendiri.
Excuse artinya selalu kebanyakan alasan.
Justify artinya menghakimi atau membenarkan.

Ketiga karakter itu berpotensi besar ngerem kusuksesan kita untuk mencapai target yang kita tempuh dengan menyandarkan factor kegagalan diluar diri kita. Contohnya seperti ini, misal aja ada dua anak kuliahan yang dua-duanya masih ngekos, merka sama-sama pengen cari duit tambahan dari usaha sampingan. Dan ternyata anak kuliahan 1 usahanya berkembang dengan lancar dan akhirnya mampu bayar kos sendiri. Sedang anak kuliahan 2 belum mencapai keberhasilan seperti sahabtnya itu. Maka anak kuliahan 2 ini merasa ok-ok aja karena karakter BEJ dah mendominasi pikirannya.

Blame, dia menyalahkan modalnya yang kecil, produknya jelek, jadwal kuliahnya yang padat, bahkan ortu dan engkongnya pun disalahkan, karena gak mewariskan bakat berwirausaha dan merasa terlahir dari keturunan pemalas.

Excuse, dia kebanyakan alasan, “ Ah aku masih muda koq, aku belum pengalaman, aku masih belum banyak belajar.”

Justify, menghakimi atau membenarkan, “ Terang aja dia lebih sukses dari aku, lha wong modalnya gede, kan usahanya juga gede.” Atau kalau temannya yang sukses itu ternyata miskin dia juga memantaskan juga. “ Terang aja dia lebih sukes dari aku, lha wong dia anak orang miskin, tentu dia biasa prihatin dan semangat kerjanya tinggi, aku kan anak orang pas-pasan, jadi semangatku juga pas-pasan. Pantes aja kalo aku belum sukses.”
Gubrak deh,…

Pren,..B E J adalah kebiasaan gak terampuni yang efektif banget menghalangi kita dari kesuksesan. Parahnya, jarang orang yang nydar kalo dirinya dah ngidap penyakit B E J yang akut banget. Bisa jadi termasuk kalian. Coba deteksi sekarang juga!…

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *