Susah bukan berarti NGGAK bisa

Mungkin judul tulisan ini sudah merangkum apa yang ingin saya tulis. Susah itu bukan berarti ngga bisa!

Kenapa saya nulis tentang ini? Karena di semua perusahaan (dan tim) yang pernah saya pimpin, hampir selalu saya pernah dengar orang di tim saya yang bilang, “Itu susah, Pak karena bla bla bla.”


Saya ngga pernah suka dengar orang yang ngomong gitu. Yes, mungkin yang dia sampaikan benar, tapi kalau cara dia menyampaikannya kayak begitu, secara psikologis, dia udah ‘males’ untuk berusaha duluan. Dia udah menutup dirinya untuk berpikir kreatif, untuk cari jalan terbaiknya. Dan, saya ngga pernah appreciate dan butuh orang-orang yang mau ngerjain hal-hal yang gampang-gampang aja.

Kalau pun ‘susah’, seharusnya dia bilangnya gini, “Pak, menurut saya ini ngga akan mudah, tapi saya yakin kalau kita sama-sama mikirin solusinya, pasti kita bisa temuin jalan keluarnya.” <- Sama-sama ngasih tau ke atasan bahwa akan ngga mudah, tapi yang pertama dengan konotasi negatif, yang kedua dengan konotasi positif. Kalau Agan, milih punya tim yang seperti yang mana? Kalau saya, jelas yang kedua!

Ingat, susah, bukan berarti ngga mungkin! Jadi, jangan langsung males nyoba. Coba dulu! Sekali-kali kita harus emang ngerasain sampe kejeduk tembok dulu.. kita harus rasain sakit, baru next time kita bisa mikir: Ah, kita loncatin aja temboknya, jangan diseruduk! Owkei?

Susah, bukan berarti ngga bisa. USAHA!

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/546074311cbfaa2e468b4571/?ref=forumlanding&med=hot_thread

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *