Pengennya sih di Jerman….

Gute Nacht,

Kali ini saya ingin menceritakan keinginan saya sebenarnya untuk kuliah di Jerman. ( Ich möchte in Deutschland studieren )

0,,2458541_4,00

Berawal dari saya kelas 11 SMA, saya sangat sekali tertarik budaya Eropa terutama Jerman dan Prancis. Kenapa saya tertarik? Berawal dari penasarannya saya dengan sejarah perang dunia pertama dan kedua, sejarah Nazi beserta isinya, Adolf Hitler, Joseph Goebbels, Heinrich Himmler, dan lain lain semua tokoh perang dunia pertama dan kedua.

Kembali ke minat saya awalnya kuliah di Jerman. Dikarenakan memang benar disana kuliah gratis/pendidikan gratis dan itu sangat sekali di gencarkan di sini, melalui agen agen yang menyediakannya maupun jalur mandiri. Tapi dilain itu, saya mempunyai alasan tersendiri mengapa saya ingin sekali kuliah di Jerman.

Pertama, Tingkat pendidikan yang sangat jauh sekali dari Indonesia. Sudah jelas sekali tingkat pendidikan di Indonesia dengan Jerman terpaut jauh.

Kedua, Pertemanan saya lebih suka dengan orang luar negeri daripada orang dalam negeri. Ini sudah saya rasakan sendiri dengan mempunyai teman orang Singapore, Malaysia, France, Germany, dan AS. Dari teman saya di beberapa negara tersebut hanya yang dari Singapore, Malaysia dan France saja yang sudah pernah pertemuan langsung dengan saya, selebihnya hanya sebatas chat dan teamspeak.

Ketiga, (Maaf, jujur) Saya sangat tidak suka pergaulan di Indonesia. (Lain kali bisa saya jelaskan untuk alasan ketiga ini)

Kenapa saya tidak bisa kuliah di Jerman?

BIAYA. Itu dia alasan utama saya tidak bisa melanjutkan studi di Jerman, ternyata biaya kuliah di Jerman itu memang tidak mahal, yang mahal itu adalah biaya jaminan hidup yang besarnya sekitar 8000 Euro ( 1 euro = 16ribu). Dengan alasan utama itu, ya saya hanya pasrah dan saya mengambil kuliah di Universitas Gunadarma.

Kuliah di Jerman, saya mempunyai sahabat dekat di SMA yang bernama Handito, dia juga sangat ingin sekali kuliah di jerman dengan alasan yang sama dengan saya. Sekarang saat ini dia sedang mendalami kursus bahasa jerman di Goethe. InsyaAllah dia berangkat tahun depan atau 2 tahun lagi jika kursus nya lulus. Dia menjanjikan kepada saya, jika dia berhasil ke Jerman dia akan mengajak saya untuk berangkat kesana. Sangat senang sekali ketika dia mengucapkan itu.

Rencana, mungkin jika ada rezeki saya ingin melanjutkan S2 di Jerman. Amiiin…… 🙂

Oke, sekian cerita singkat saya mengenai harapan saya sebenarnya ingin melanjutkan studi di Jerman :(. Danke.

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *